Lompat ke konten
instalasi pipa air panas
Home Instalasi Pipa Air Panas
a

Instalasi Pipa Air Panas

pipa air panas

Dalam proses pemasangan water heater, instalasi pipa air panas memiliki peran penting dalam distribusi air panas. Tidak hanya sekedar “ada”. Namun penentuan jalur pipa, material pasang dan ukuran juga harus diperhitungkan dengan cermat. Idealnya instalasi pipa air panas sudah siap sebelum unit water heater dipasang. Survey lokasi dilakukan untuk mendapat estimasi panjang pipa, jumlah dan letak titik kran. Dengan dilengkapi CAD Drawing, owner mendapat gambaran langsung pekerjaan instalasi yang akan dikerjakan, selain itu CAD Drawing juga berguna jika kemudian hari diperlukan perbaikan atau perubahan pada jalur pipa air panas.

Konsultasi Instalasi Pipa Air Panas

Tentukan Jalur Instalasi, material dan sistem yang terpasang

Material Pipa Air Panas Yang Digunakan

Beberapa tahun kebelakang pilihan pipa untuk kebutuhan air panas didominasi oleh pipa tembaga. Namun sekarang, trend pipa air panas bergeser ke pipa PPR (Polypropylene Random) yang mampu mengalirkan air dengan suhu tinggi dan bertekanan. Penyambungan pipa PPR dilakukan dengan metode Heat Fusion atau biasa disebut dengan persenyawaan sempurna, oleh karena itu, tidak akan ditemukan sekat pada sambungan dalam arti lain kualitas sambungan setara dengan pipa utuh. Serta dengan daya hantar panas yang rendah, pipa PPR akan memperkecil heat loss.

Selain PPR, pipa yang biasa digunakan untuk kebutuhan air panas bertekanan adalah pipa PE (Polyethylene). Ciri khasnya adalah kuat namun elastis, penyambungan pipa jenis ini menggunakan metode mekanikal/ ulir.

Ukuran Pipa Air Panas Yang Dipilih

Pada instalasi sistem return yang biasa diaplikasikan di hotel atau bangunan bisnis lainnya, air panas akan terus bersirkulasi. Sejumlah air dalam pipa dengan estimasi panjang yang menuju masing-masing titik kran akan mengalami penurunan suhu karena dorongan pompa, gravitasi ataupun heat loss. Jika dipilih diameter pipa yang terlalu besar/tidak kompatibel, maka debit air yang bersirkulasi dan mengalami penurunan suhu juga besar. Pada tangki penyimpanan air panas suhu percampuran yang dihasilkan akan rendah, sehingga water heater bekerja lebih berat karena terus menerus menjaga suhu air tetap stabil. Pipa dengan diameter lebih besar biasanya dipilih untuk memenuhi kebutuhan air panas dalam jumlah besar per sekali pemakaian. Contohnya laundry atau pabrikasi.

Selain berdasarkan fungsi. Pemilihan ukuran pipa juga berdasar pada tekanan pompa, jumlah dan tinggi toren air.

Untuk rumah tinggal pilihan ukuran pipa air panas yang paling sering dipilih adalah 1/2 Inch. Secara garis besar ada dua jenis instalasi pipa air panas, yaitu :

  1. Instalasi Lokal , memiliki jalur pipa yang pendek dengan instalasi sederhana dan cost yang relatif rendah. Cocok diaplikasikan pada rumah tinggal
  2. Instalasi Central, menggunakan pipa distribusi untuk mengalirkan air diseluruh gedung. Kelebihan sistem ini adalah dapat menyediakan air panas dalam jumlah besar dan mempermudah kontrol karena sistem plumbing terpusat. Distribusi air panasnya dapat dilakukan dengan dua sistem yaitu sistem langsung/ terbuka dan sistem sirkulasi/ tertutup

Insight : Rangka Dudukan (Bracket)

rangka dudukan solahart

Rangka dudukan Solahart dan Handal dibuat dengan kemiringan tertentu agar prinsip thermosiphon bekerja. Selain itu rangka dudukan standard, terdapat rangka dudukan custom yang menyesuaikan dengan lokasi pasang. Salah satunya rangka dudukan Solahart yang berfungsi mensupport kekuatan atap bangunan menahan bobot solar water heater, rangka dudukan yang dibuat menyatu dengan menara toren dan rangka dudukan untuk peletakan unit yang rumit.

×